Tanda Tanda Kanker Payudara Pada Wanita

Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang memiliki daya tarik tersendiri dan fungsinya sebagai pemberi ASI untuk bayi yang menyusui. Namun di balik keindahan payudara terselip risiko pada kanker payudara. Kanker payudara yang diderita wanita merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti oleh jutaan wnaita di dunia.

Tak sedikit orang yang meninggal dunia akibat kanker payudara yang merenggut jiwa. Wanita yang menderita kanker payudara hanya 5-10% yang sembuh karena gejala atau penyebab dari kanker payudara itu sendiri sudah diketahui sejak dini. Sehingga pengobatan masih dapat dilakukan secara dini, kanker payudara yang diketahui sejak dini maka pengobatan dapat dilakukan dengan baik dan intensif.

Tanda-tanda kanker payudara yang paling menonjol adalah keluarnya cairan dari puting susu, mengkerutnya kulit di sekitar payudara, bentuk puting susu yang masuk ke dalam, terdapat luka atau infeksi di sekitar kulit payudara, dan jika diraba adanya benjolan di bagian tepi pada salah satu bagian payudara.

Tanda-tanda kanker payudara sebenarnya dapat disadari sejak dini dengan sering melakukan pemeriksaan terhadap tumor atau kanker payudara dapat dilakukan sendiri dengan program SADARI (periksa payudara sendiri) sebagai berikut :

1. Pemeriksaan akan lebh mudah jika tangan yang digunakan basah atau bersabun

2. Di depan cermin, perhatikan payudara dengan teliti. Dalam pemeriksaan ini dianjurkan tidak mengenakan busana atau pakain dengan posisi kedua lengan lurus ke bawah

3. Perhatikan ada atau tidaknya benjolan atau perubahan bentuk pada payudara

4. Amati dengan teliti seluruh bagian payudara

5. Angkat kedua lengan lurus ke atas dan ulangi pemeriksaan seperti di atas

6. Dengan kedua siku mengarah ke samping, tekanlah telapak tangan yang satu kuat-kuat pada yang lain. Cara ini akan menegangkan otot dada dan perubahan eperti cekungan atau benjolan akan tampak.

7. Pijat atau tekan pelan-pelan daerah di sekitar kedu aputing dan perhatikan keluar cairan yang tidak normal atau tidak

8. Berbaringlah dengan tangan kanan di bawah kepala

9. Letakkan bantal kecil di bawah punggung kanan

10. Rabalah seluruh permukaan payudara kanan menggunakan tangan kiri dengan gerakan memutar dan perhatikan jika ada benjolan yang mencurigkan.

Cara meraba adalah dnegan tiga ujung jari tengah tangan kiri yang dirapatkan. Lakukan gerakan emmutar dnegan tekanan lenbut tetapi mantap, dimulai dari pinggir dengan mengikuti arah jarum jam.

11. Letakkan bantal kecil di punggung kiri tetapi dengan tangan kiri di bawh kepala dan tangan kanan meraba payudara kiri

12. Beri perhatian khusus pada seperempat bagian payudara kanan dan kiri atas, karena di bagian itulah sering ditemukan adanya tumor atau sel kanker payudara

Program SADARI ini sebaiknya dilakukan sebulan sekali sesudah menstruasi secara rutin. Jika ditemukan benjolan atau perubahan payudara dibandingkan sebelumnya segera periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan adanya kanker payudara lebih lanjut adalah menggunakan peralatan modern. Pemeriksaan tersebut berguna untuk mengetahui ada tidaknya kanker payudara secara pasti.

Untuk memastikan ada tidaknya tanda-tanda dari kanker payudara dapat dilakukan dengan cara mammografi, sinar X, USG, CT Scan dan biopsi.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda Tanda Kanker Payudara and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.